Yuk belajar Bahasa Inggris bersama! :)

Sabtu, 07 Agustus 2021

Apa Perbedaan Penggunaan in, on, at?



Preposition atau presposisi adalah kata penghubung yang berfungsi untuk menerangkan arah, waktu, tempat, posisi, dan masih banyak lagi. In, on, at merupakan presposition/presposisi yang bisa dibilang paling sering digunakan. Ketiga preposition/preposisi ini bisa digunakan untuk menjelaskan arah, waktu, tempat, dan posisi. Namun, penggunaan ketiga presposition/preposisi ini tentu saja berbeda. Apa perbedaannya? Yuk, simak penjelasannya sampai akhir ya!

In : memiliki arti di dalam. Namun, dalam konteks tempat/lokasi digunakan untuk menjelaskan ruang lingkup/tempat yang general/memiliki cakupan yang besar/luas. Contoh kalimatnya adalah : I live in Malang. (Saya tinggal di Malang.) Di sini, saya hanya menjelaskan bahwa saya tinggal di Malang, saya tidak menjelaskan alamat saya secara terperinci. Malang masih general/luas sehingga misalnya ada orang yang bertanya kepada saya di mana saya tinggal, orang itu akan kesusahan bahkan tidak akan bisa menemukan rumah saya.

Selain itu, dalam konteks waktu digunakan untuk menjelaskan waktu yang general/memiliki cakupan yang besar. Contoh kalimatnya adalah : She was born in 2010. (Dia perempuan lahir di tahun 2010.) Di sini, dia tidak memberitahukan secara spesifik kapan dia lahir karena dia hanya mengatakan bahwa ia lahir di tahun 2010 yang di mana tahun 2010 sangat luas sedangkan pada tahun 2010 terdapat 12 bulan dan 365 hari.

Preposisi ini juga bisa digunakan untuk menjelaskan musim seperti : I like drinking iced tea in Summer. (Saya suka minum es teh di musim panas).

On : memiliki arti di atas. Contoh kalimatnya adalah : The book is on the table. (Buku berada di atas meja.) Namun, on berbeda dengan above meskipun mereka memiliki arti yang sama yaitu di atas karena above memiliki arti di atas tidak menempel, sedangkan on memiliki arti di atas menempel. Lalu, dalam konteks waktu digunakan untuk menjelaskan waktu yang lebih spesifik daripada in. Contoh kalimatnya adalah : I always go to Church on Sunday. (Saya selalu pergi ke gereja di hari Minggu.). 

Selain itu, on juga digunakan untuk menjelaskan tanggal yang lebih spesifik. Contoh kalimatnya adalah : I was born on 1st January 1990. (Saya lahir di tanggal 1 Januari 1990).

Dalam konteks tempat/lokasi, on juga digunakan untuk menjelaskan lebih spesifik/detail daripada in tetapi juga tidak terlalu detail/spesifik. Contoh kalimatnya adalah : I live on Anggur street. (Saya tinggal di jalan Anggur.) Di sini, saya tidak menjelaskan dengan detail karena saya hanya menyebutkan nama jalannya saja, tidak ada nomor rumah saya tetapi ini sudah lebih spesifik jika dibandingkan dengan in yang hanya menyebutkan nama kotanya saja.

At : preposition ini digunakan untuk menjelaskan sesuatu dengan sangat spesifik. Misalnya dalam konteks tempat/lokasi, dijelaskan dengan sangat detail karena disebutkan alamat rumah lengkap dengan nama jalan, nomor rumah, dan nama kota. Contoh kalimatnya adalah : I live at Anggur street number 100, Surabaya. (Saya tinggal di jalan Anggur nomor 100, Jakarta.)

Preposisi at juga digunakan untuk menjelaskan tempat atau suatu titik di mana kamu akan bertemu dengan seseorang. Contoh kalimatnya adalah : I will meet you at the bookstore. (Saya akan bertemu denganmu di toko buku).

Selain itu, presposisi ini juga digunakan untuk menjelaskan waktu yang lebih spesifik lagi seperti jam, at night, at the weekend, dll. Contoh kalimatnya adalah : I will meet my friend at 2 PM. (Saya akan betemu teman saya pukul 2 siang.) 

Nah, itu dia perbedaan penggunaan in, on, at. Semoga bermanfaat dan bisa dipahami dengan baik ya! Terimakasih! :)


1 komentar:

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Learn English | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com